Berbagi: khutbah, dalil, hukum, amalan, sosial, agama

yuqm.blogspot.com

  • Welcom to menu 1

    Selamat datang di blog kami. Semoga Anda mendapatkan sesuatu yang berarti.

  • Welcom to menu 2

    Selamat datang di blog kami. Semoga Anda mendapatkan sesuatu yang berarti.

  • Welcome to Menu 3

    Selamat datang di blog kami. Semoga Anda mendapatkan sesuatu yang berarti.

Thursday, September 23, 2021

Khutbah - Kebaikan dan Keburukan Pasti Ada Balasannya.

Judul: Kebaikan dan Keburukan Pasti Ada Balasannya.

Kategori: khutbah Jumat

Durasi: 7 menit 


Khutbah I

 اْلحَمْدُ للهِ اْلحَمْدُ للهِ الّذي هَدَانَا سُبُلَ السّلاَمِ، وَأَفْهَمَنَا بِشَرِيْعَةِ الْاِسْلَامِ، أَشْهَدُ أَنْ لَا اِلَهَ إِلَّا الله وَحْدَهُ لا شَرِيك لَه، ذُو اْلجَلالِ وَالإكْرَام، وَأَشْهَدُ أَنّ سَيِّدَنَا وَنَبِيَّنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَ رَسولُه، اللّهُمَّ صَلِّ و سَلِّمْ وَبارِكْ عَلَى سَيِّدِنا مُحَمّدٍ وَعَلَى الِه وَأصْحابِهِ وَالتَّابِعينَ بِإحْسانِ إلَى يَوْمِ الدِّين، أَمَّا بَعْدُ: فَيَايُّهَا الإِخْوَان، أوْصُيْكُمْ وَ نَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ وَطَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنْ، قَالَ اللهُ تَعَالىَ فِي اْلقُرْانِ اْلكَرِيمْ: أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الَّشيْطَانِ الرَّجِيْم، بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْمْ: يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اتَّقُوا الله وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا، يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ الله وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا . وقال تعالى يَا اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا اتَّقُوْا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ. صَدَقَ اللهُ العَظِيمْ

Hadirin jamaah Shalat Jum’at rahimakumullah,

Marilah kita senantiasa bersyukur kepada Allah atas nikmat yang telah diberikan, baik yang kita sadari maupun tidak. Kita juga mesti bershalawat atas Rasulullah karena beliaulah perantara datangnya nikmat tersebut sehingga sampai kepada kita. Diantara nikmat yang perlu kita syukuri yaitu tamyiz, yakni kemampuan membedakan antara kebaikan dan keburukan. Selanjutnya marilah kita senantiasa bertakwa kepada Allah dengan menjalankan perintah-perintahnya dan menjauhi larangan-larangan-Nya.

 

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an surah Fushshilat Ayat 46:

مَنۡ عَمِلَ صَالِحًا فَلِنَفۡسِہٖ وَ مَنۡ اَسَآءَ فَعَلَیۡہَا ؕ وَ مَا رَبُّکَ بِظَلَّامٍ لِّلۡعَبِیۡدِ

Artinya:

Barangsiapa mengerjakan kebajikan maka (pahalanya) untuk dirinya sendiri dan barangsiapa berbuat keburukan maka (dosanya) menjadi tanggungan dirinya sendiri. Dan Tuhanmu sama sekali tidak menzalimi hamba-hamba(-Nya).

 

Kemudian Allah SWT berfirman dalam surah Al An’am ayat 160 sebagai berikut:

مَنْ جَاۤءَ بِالْحَسَنَةِ فَلَهٗ عَشْرُ اَمْثَالِهَا ۚوَمَنْ جَاۤءَ بِالسَّيِّئَةِ فَلَا يُجْزٰٓى اِلَّا مِثْلَهَا وَهُمْ لَا يُظْلَمُوْنَ

Artinya:

Barangsiapa berbuat kebaikan niscaya ia mendapat balasan sepuluh kali lipat amalnya. Dan barangsiapa berbuat kejahatan niscaya ia dibalas seimbang dengan kejahatannya. Mereka sedikit pun tidak dirugikan (tidak dizalimi).

 

Allah SWT juga berfirman dalam Al-Qur'an surah Az-Zalzalah, ayat 7 dan 8 sebagai berikut:

 فَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُ وَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَرَهُ

Artinya:

Barangsiapa berbuat kebaikan sebesar zarroh pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa yang berbuat keburukan sebesar zarroh pun, niscaya ia akan melihat (balasan)nya pula.


Hadirin jamaah Shalat Jum’at rahimakumullah,

Dari ketiga ayat di atas dapat disimpulkan bahwa semua perilaku kita, ucapan kita, bahkan rahasia niat kita semua pasti akan dibalas oleh Allah SWT. Apabila perbuatan itu termasuk dalam kategori kebaikan maka pasti akan dibalas dengan kebaikan serupa atau pahala berlipat ganda. Akan tetapi apabila perbuatan itu termasuk dalam kategori keburukan maka pasti akan dibalas dengan keburukan serupa atau azab yang setimpal. Adapun balasan minimal atas kebaikan yaitu sepuluh kali lipat. Sedangkan balasan atas keburukan yaitu keburukan serupa atau azab yang setimpal, dan tidak lebih dari itu. Allah sama sekali tidak menzalimi hamba-hamba-Nya. Dan Allah Maha Tahu kapan waktu yang tepat menurunkan balasan itu, apakah di dunia atau di akhirat, atau kedua-duanya, atau mungkin diampuni.

 

Adapun zarroh adalah bagian terkecil dari sesuatu. Di dalam Ilmu Fisika disebut atom. Allah SWT menegaskan bahwa tak satu pun perbuatan manusia, meskipun sekecil atom, lepas dari perhatian dan pengawasan Allah SWT. Perbuatan baik, betapapun kecilnya, pasti akan mendapat balasan. Demikian juga perbuatan jelek, betapapun kecilnya, pasti akan mendapat balasan.


Jamaah Shalat Jumat rahimakumullah,

Dalam hal membedakan antara kebaikan dan keburukan ini, Nawas bin Sam’an mengatakan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

اَلْبِرُّ حُسْنُ الْخُلُقِ وَالإِثْمُ مَا حَاكَ فِى نَفْسِكَ وَكَرِهْتَ أَنْ يَطَّلِعَ عَلَيْهِ النَّاسُ

Artinya:

“Kebaikan adalah dengan berakhlak yang mulia. Sedangkan kejelekan atau dosa adalah sesuatu yang menggelisahkan jiwa. Ketika kejelekan tersebut dilakukan, tentu engkau tidak suka hal itu diungkap di tengah-tengah manusia.” (HR. Muslim No. 2553).

 

Hadits ini menerangkan bahwa ciri-ciri kejelekan adalah suatu perbuatan yang mempunyai kecenderungan untuk tidak diketahui orang lain dan atau berpotensi mendatangkan kegelisahan di hati. Sedangkan ciri-ciri kebaikan adalah suatu perbuatan mempunyai kecenderungan untuk diketahui orang lain dan atau berpotensi mendatangkan ketentraman di hati.

 

Jamaah Shalat Jumat rahimakumullah,

Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak bisa lepas dari pergaulan sesama manusia. Dalam pergaulan itu, disadari atau tidak, kita sering melakukan sesuatu yang jelek dan tak terkendalikan sehingga menyakiti hati orang lain. Dalam hal ini Rasulullah SAW memberikan solusinya dengan sabda beliau sebagaimana berikut:

عَنْ أَبِى ذَرٍّ قَالَ قَالَ لِى رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « اتَّقِ اللَّهَ حَيْثُمَا كُنْتَ وَأَتْبِعِ السَّيِّئَةَ الْحَسَنَةَ تَمْحُهَا وَخَالِقِ النَّاسَ بِخُلُقٍ حَسَنٍ ».

Artinya:

Dari Abu Dzar , ia berkata, Rasulullah —shallallahu ‘alaihi wa sallam— bersabda kepadaku: “Bertakwalah kamu kepada Allah di mana saja kamu berada, dan ikutilah kejelekan itu dengan kebaikan yang menghapusnya, dan perlakukanlah semua manusia dengan akhlak yang baik.” (HR At-Tirmidzi, ia berkata hasan shahih, Ahmad, Ad-Darimi, Al-Hakim, dan Al-Baihaqi dalam Syu’abul Iman).

 

Hadits ini menerangkan bahwa diantara solusi untuk menghapus kejelekan yang pernah kita perbuat yaitu dengan perbuatan baik. Karena perbuatan yang baik itu sangat memungkinkan datangnya kemaafan dari orang yang pernah kita zalimi atau mendapat ampunan dari Allah karena ketakwaan yang kita lakukan semata-mata untuk diridhai-Nya.

 

Jamaah Shalat Jumat rahimakumullah,

Dengan uraian di atas, marilah kita perbanyak lagi berbuat kebaikan demi menutup keburukan-keburukan yg pernah kita lakukan demi mengharap rahmat dan ridho Allah SWT. Dengan ini pula kita berharap semoga Allah selalu memberikan hidayah dan taufiq-Nya sehingga kita mampu mengisi sisa hidup ini dengan berbagai macam amal-amal saleh sekecil apa pun kesalehan itu. Selanjutnya kita berharap semoga selamat di dunia dan di akhirat. Amin, amin, ya rabbal alamin.

 جَعَلَنا اللهُ وَإيَّاكم مِنَ الفَائِزِين الآمِنِين، وَأدْخَلَنَا وإِيَّاكم فِي زُمْرَةِ عِبَادِهِ المُؤْمِنِيْنَ

باَرَكَ اللهُ لِيْ وَلكمْ فِي القُرْآنِ العَظِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيّاكُمْ بِالآياتِ وذِكْرِ الحَكِيْمِ. إنّهُ تَعاَلَى جَوّادٌ كَرِيْمٌ مَلِكٌ بَرٌّ رَؤُوْفٌ رَحِيْمٌ

Khutbah 2

 

اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ إِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى إلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا أَمَّا بَعْدُ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا أَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ بِقُدْسِهِ وَقَالَ تَعاَلَى إِنَّ اللهَ وَمَلآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ أَبِى بَكْرٍ وَعُمَر وَعُثْمَان وَعَلِى وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَىيَوْمِ الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآءُ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ اللهُمَّ أَعِزَّ اْلإِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيَّةَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ أَعْدَاءَ الدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ إِلَى يَوْمَ الدِّيْنِ. اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَا وَاإنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ. عِبَادَاللهِ ! إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرْ



Share:

Friday, September 3, 2021

Amalan Do'a Setelah Surah At-Tin, Biahkimil Hakimin

Ini Amalan Do'a Setelah Surah At-Tin, Biahkimil Hakimin

Amalan Do'a Setelah Surah At-Tin, Biahkimil Hakimin


Di dalam shalat berjamaah, seringkali kita dapati imam membacakan Surah At-Tin. Pada ayat terakhir terdapat kalimat: Bi Ahkimil Hakimin atau ayat lengkapnya sebagaimana Allah SWT berfirman:

اَلَيْسَ اللّٰهُ بِاَحْكَمِ الْحٰكِمِيْنَ

(Alaysalloohu bi ahkamil haakimiin)

Artinya:
"Bukankah Allah adalah Dzat yang terbaik dalam membuat keputusan?"

Mendengar ayat tersebut, sontak sebagian makmum mengamalkan bacaan doa tertentu. Tapi sayang doanya tidak dibaca keras sekeras bacaan: Aaamiiin.

Sebagian makmum yg lain hanya diam saja sambil menunggu ruku' sang imam. Sementara yg lain lagi bertanya2 dalam hati: "Apa ya amalan doa yg dibaca jama'ah?"

Di dalam kitab Tuhfatul-Muhtaj, juz 2 halaman 102 disebutkan:

وَإِذَا قَرَأَ {أَلَيْسَ اللَّهُ بِأَحْكَمِ الْحَاكِمِينَ} [التين: ٨ ] سُنَّ لَهُ أَنْ يَقُولَ: بَلَى وَأَنَا عَلَى ذَلِكَ مِنْ الشَّاهِدِينَ (تحفة المحتاج في شرح المنهاج وحواشي الشرواني والعبادي (ج٢/ ص١٠٢)

“Jika membaca: ‘Alaysallaahu bi ahkamil haakimin’ maka disunnahkan membaca: ‘Balaa wa ana ‘alaa dzaalika minasy syaahidiin’ (Fatwa Al-‘Abbadi, Tuhfatu Al-Muhtaj, Juz 2 Hal. 102)

Disebutkan juga di dalam kitab At Tibyan Fi Adabi Hamalatil Qur’an, Halaman 121:

ومنها أنه يستحب له أن يقول ما رواه أبو هريرة رضي الله عنه عن النبي صلى الله عليه وسلم: أنه قال من قرأ والتين والزيتون فقال أليس الله بأحكم الحاكمين فليقل بلى وأنا على ذلك من الشاهدين (التبيان في آداب حملة القرآن (ص: ۱۲۱

“Di antaranya, disunnahkan membaca apa yang diriwayatkan dari Abu Hurairah ra dari Nabi SAW bahwasanya beliau bersabda: ‘Barangsiapa membaca ‘wattini wazzaitun’ kemudian membaca ‘alaisallaahu bi ahkamil hakimiin’ maka ucapkanlah: ‘bala wa ana ‘ala dzalika minasy syahidin” (Fatwa An-Nawawi, At Tibyan Fi Adabi Hamalati Al Qur’an Hlm. 121).

Berdasarkan keterangan dalil di atas diketahui bahwa pengamalan doa yg dibaca setelah akhir Surah At Tin adalah:

بَلىٰ وَاَنَا عَلىٰ ذٰلِكَ مِنَ الشَّاهِدِيْنَ

(Balaa wa-m ana ‘alaa dzaalika minasy syaahidiin’)

Artinya:
“Tentu saja, dan saya termasuk dari orang yang bersaksi atas hal tersebut.”

Hukum membaca doa tersebut yaitu sunnah. Hanya saja, tidak harus dibaca keras. Tapi dibaca sirr atau cukup didengar telinga sendiri. Salah satu tujuannya yaitu agar tidak mengganggu jamaah lainnya.

Demikian artikel tentang dalil Do'a Setelah Surah At-Tin, Bi Ahkimil Hakimin. Semoga bermanfaat.

Baca juga: 


Share:

Wednesday, August 25, 2021

Khutbah - Menghormati Perbedaan Demi Persaudaraan dan Persatuan

Label: Khutbah Jum'at
Judul: Menghormati Perbedaan Demi Persaudaraan dan Persatuan
Tags: khutbah, keagamaan


Khutbah I

الحَمْدُ للهِ الَّذِيْ أَنْزَلَ السَّكِيْنَةَ فِيْ قُلُوْبِ المُؤْمِنِيْنَ وَ اْلمُسْلِمِيْنَ ، وَجَعَلَ الضِّياَقَ فِيْ قُلُوْبِ الْمُنَافِقِيْنَ وَالْكَافِرِيْنَ. أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ الْمَلِكُ اْلحَقُّ اْلمُبِيْنُ. وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الصَّادِقُ الْوَعْدِ الأَمِيْنِ. اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلمِّ عَلَى سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ المَبْعُوْثِ رَحْمَةً لِلْعَالَمِيْنَ , وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَالتَّابِعِيْنَ , لَاحَوْلَ وَلَاقُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ اْلعَلِيِّ اْلعَظِيْمِ. أَمَّا بَعْدُ , أَيُّهاَ اْلحَاضِرُوْنَ , اْلمُسْلِمُوْنَ رَحِمَكُمُ اللهُ أُوْصِيْكُمْ وَإِيَّايَ بِتَقْوَى اللهِ, لَعلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ. قَالَ اللهُ تَعَالىَ فِي كِتَابِهِ الْكَرِيْمِ: وَمَن يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَل لَّهُ مَخْرَجًا وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ

Jamaah shalat Jumat rahimakumullah,
Suatu hari Rasulullah ﷺ berpesan kepada para sahabatnya yang akan melakukan sebuah perjalanan:

لَا يُصَلِّيَنَّ أَحَدٌ الْعَصْرَ إِلَّا فِي بَنِي قُرَيْظَةَ

Artinya:
“Janganlah ada satu pun yang shalat ‘Ashar kecuali di perkampungan Bani Quraizhah.”

Ketika Nabi mengatakan hal itu, sebagian sahabat sudah menunaikan shalat Ashar. Pesan itu diingat betul oleh mereka, dan tidak ada masalah. Hingga di tengah perjalanan saat waktu Ashar mau habis, sedangkan mereka belum sampai di perkampungan Bani Quraidhah, barulah mereka berselisih pendapat.

Dengan pesan jelas Nabi tersebut sebagai dalil, sebagian dari mereka bersikukuh tidak shalat Ashar kecuali di perkampungan yang disebut Nabi itu. Sedangkan sebagian lain berpendapat bahwa yang dimaksud Nabi adalah agar mereka bergegas menuju perkampungan Bani Qurazhah, sementara shalat Ashar tetap harus dilaksanakan pada waktunya.

Dua perbedaan pendapat ini sebenarnya berpangkal pada dua sudut pandang yang berbeda. Yang pertama mengacu pada bunyi lahiriah sabda Nabi, adapun yang kedua mengacu pada konteks sabda itu dinyatakan, yakni prajurit harus bergerak cepat karena konteks waktu itu adalah perang. Mereka pun akhirnya teguh dengan pendapat masing-masing dan melaksanakan apa yang diyakini masing-masing.

Ketika permasalahan perbedaan pendapat ini disampaikan kepada Rasulullah, beliau tidak menyalahkan keduanya. Perbedaan pendapat suatu hal biasa, memang sudah terjadi di kalangan sahabat Nabi, sejak Rasulullah ﷺ masih hidup di tengah-tengah mereka. Akan tetapi karena sumber kebenaran (yakni Nabi) masih hidup, kalaupun terjadi perselisihan tajam, Nabilah yang bakal menyelesaikannya.

Jamaah shalat Jumat rahimakumullah,

Dikisahkan juga, ketika dalam satu majelis ilmu, Imam Malik (wafat 179 H) yang merupakan guru dari Imam Syafi'i (wafat 204 H) mengatakan bahwa rezeki itu datang tanpa sebab. Seseorang cukup bertawakkal dengan benar, niscaya Allah akan memberikannnya rezeki.

"Lakukan yang menjadi bagianmu, selanjutnya biarkan Allah mengurus lainnya," demikian pendapat Imam Malik. Imam Malik menyandarkan pendapatnya itu berdasarkan sebuah hadis Rasulullah SAW:

لَوْ أنَّكُمْ تَوَكَّلْتُمْ عَلَى اللهِ حَقَّ تَوَكُّلِهِ لَرَزَقَكُمْ كَمَا يَرْزُقُ الطَّيْرَ تَغْدُوْ خِمَاصًا وَتَرُوْحُ بِطَانًا

Artinya:
"Andai kalian bertawakkal kepada Allah sebenar-benar tawakkal niscaya Allah akan berikan rizki kepada kalian, sebagaimana Dia memberikan rizki kepada burung yang pergi dalam keadaan lapar lalu pulang dalam keadaan kenyang".

Berdasarkan hadits yang sama, ternyata Imam Syafii memiliki pandangan berbeda. Beliau mengemukakan pendapat kepada sang guru. "Ya Syeikh, seandainya seekor burung tidak keluar dari sangkarnya, bagaimana mungkin ia akan mendapatkan rezeki?" kata Imam Syafii.

Imam Syafii menyampaikan pendapat bahwa untuk mendapatkan rezeki dibutuhkan usaha dan kerja keras. Rezeki tidak datang sendiri, melainkan harus dicari dan didapatkan melalui sebuah usaha.

Guru dan murid yang merupakan pendiri mazhab itu bersikukuh pada pendapatnya masing-masing. Hingga suatu ketika, saat Imam Syafii berjalan-jalan, beliau melihat serombongan orang sedang memanen buah anggur. Beliau pun ikut membantu mereka. Setelah pekerjaan selesai, Imam Syafi'i mendapat imbalan beberapa ikat anggur sebagai balas jasa.

Dengan bergegas Imam Syafi'i menjumpai Imam Malik yang sedang duduk di serambi pondoknya. Sambil menaruh seluruh anggur yang didapatnya, Imam Syafi'i menceritakan pengalamannya seraya berkata: "Seandainya saya tidak keluar pondok dan melakukan sesuatu, yakni membantu memanen, tentu saja anggur ini tidak akan pernah sampai di tangan saya".

Mendengar itu, Imam Malik tersenyum, seraya mengambil anggur dan mencicipinya. Kemudian Imam Malik berucap pelan. "Sehari ini aku memang tidak keluar pondok, hanya melakukan tugas sebagai guru, dan sedikit berpikir alangkah nikmatnya kalau dalam hari yang panas ini aku bisa menikmati anggur. Tiba-tiba engkau datang sambil membawakan beberapa ikat anggur untukku. Bukankah ini juga bagian dari rezeki yang datang tanpa sebab? Cukup dengan tawakkal yang benar kepada Allah niscaya Allah akan memberikan rezeki. Lakukan yang menjadi bagianmu, selanjutnya biarkan Allah yang mengurus lainnya".

Imam Syafi'i langsung tertawa mendengar penjelasan Imam Malik. Sang Guru dan murid tersebut kemudian tertawa bersama. Begitulah, dua Imam mazhab mengambil dua hukum berbeda dari dalil yang sama, hadis yang sama.

Imam Malik dan Imam Syafii mengajarkan kepada umat Islam bagaimana menyikapi perbedaan. Keduanya tak saling menyalahkan, tidak pula saling membenarkan pendapatnya sendiri. Mereka saling menghargai pendapat, selama dapat dibenarkan oleh dalil qur’ani atau hadits nabawi. Begitulah keteladanan kata mutiara populer bahwa perbedaan adalah rahmat.

Jamaah shalat Jumat rahimakumullah,
Allah SWT berfirman dalam Al Qur’an:

وَاعْتَصِمُوا بِحَبْلِ اللَّهِ جَمِيعًا وَلَا تَفَرَّقُوا، وَاذْكُرُوا نِعْمَتَ اللَّهِ عَلَيْكُمْ إِذْ كُنْتُمْ أَعْدَاءً فَأَلَّفَ بَيْنَ قُلُوبِكُمْ فَأَصْبَحْتُمْ بِنِعْمَتِهِ إِخْوَانًا، وَكُنْتُمْ عَلَىٰ شَفَا حُفْرَةٍ مِنَ النَّارِ فَأَنْقَذَكُمْ مِنْهَا، كَذَٰلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ لَكُمْ آيَاتِهِ لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُونَ

Artinya: "Dan berpegang teguhlahlah kamu semuanya pada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah nikmat Allâh kepadamu ketika kamu dahulu (masa jahiliyah) bermusuhan, lalu Allah mempersatukan hatimu, sehingga dengan karunia-Nya, kamu menjadi bersaudara, sedangkan (ketika itu) kamu berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari sana. Demikianlah, Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu agar kamu mendapat petunjuk.” (Ali ‘Imran:103)

Demikianlah Allah memerintahkan, Rasulullah memberi teladan, dan Imam Madzhab memberi pandangan. Semoga kita umat Islam diberi kesadaran dan kemampuan untuk saling menghormati perbedaan, diberi kesabaran dalam menjaga kerukunan, dan diberi kekuatan dalam memegang teguh iman dan Islam hingga akhir hayat. Aaamiiin Yaa Robbal ‘aalamiin.

بَارَكَ الله لِي وَلَكُمْ فِى اْلقُرْآنِ اْلعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِي وَإِيَّاكُمْ بِمَافِيْهِ مِنَ الْآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ وَتَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ, اِنَّه هُوَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ، وَأَقُوْلُ قَوْلِي هَذَا فَأسْتَغْفِرُوا اللهَ العَظِيْمَ إِنَّهُ هُوَ الغَفُوْرُ الرَّحِيْم

Khutbah kedua

اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ إِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى إلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا أَمَّا بَعْدُ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا أَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ بِقُدْسِهِ وَقَالَ تَعاَلَى إِنَّ اللهَ وَمَلآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ أَبِى بَكْرٍ وَعُمَر وَعُثْمَان وَعَلِى وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَىيَوْمِ الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآءُ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ اللهُمَّ أَعِزَّ اْلإِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيَّةَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ أَعْدَاءَ الدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ إِلَى يَوْمَ الدِّيْنِ. اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَا وَاإنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ. عِبَادَاللهِ ! إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرْ

 


Share:

Thursday, July 29, 2021

Khutbah Jumat- Mewaspadai Bahaya Teguran Bencana Tak Kasat Mata

Kategori: Khutbah Jumat:

Judul: Mewaspadai Bahaya Teguran Bencana Tak Kasat Mata

Durasi: 7 + 3 menit 


Khutbah I

     الْحَمْدُ لِلهِ الَّذِيْ بِنِعْمَتِهِ تَتِمُّ الصَّالِحَاتُ، وَبِفَضْلِهِ تَتَنَزَّلُ الْخَيْرَاتُ وَالْبَرَكَاتُ، وَبِتَوْفِيْقِهِ تَتَحَقَّقُ الْمَقَاصِدُ وَالْغَايَاتُ. أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنْ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ لَانَبِيَّ بَعْدَهُ. اللهم صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ المُجَاهِدِيْنَ الطَّاهِرِيْنَ. أَمَّا بَعْدُ، فَيَا آيُّهَا الحَاضِرُوْنَ أُوْصِيْكُمْ وَإِيَّايَ بِتَقْوَى اللهِ وَطَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ. يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ، وَتَزَوَّدُوا فَإِنَّ خَيْرَ الزَّادِ التَّقْوَى 

  فَقَدْ قَالَ اللهُ تَعَالَى فِي كِتَابِهِ الْكَرِيْمِ أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ، بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ:  الَّذِينَ إِذَا أَصَابَتْهُمْ مُصِيبَةٌ قَالُوا إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ

Jamaah shalat Jumat rahimakumullah,  

Ada pernyataan ilmiah bahwa bencana alam merupakan sebuah gejala alami biasa. Ia bisa ditelusuri sebab-sebabnya secara konkret sehingga gempa bumi, tsunami, banjir, wabah penyakit, atau bencana semacamnya dinyatakan resmi sebagai gejala alam. Namun, banyak pula ayat Al-Qur’an dan hadits yang menggambarkan bahwa bancana atau musibah menjadi salah satu cara Allah memberikan teguran maupun azab.

 

Allah SWT Ta’ala berfirman,

وَمَا أَصَابَكُمْ مِنْ مُصِيبَةٍ فَبِمَا كَسَبَتْ أَيْدِيكُمْ وَيَعْفُو عَنْ كَثِيرٍ 

“Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu).” (QS. Asy Syura: 30).

 

Jamaah shalat Jumat rahimakumullah,

Lantas bagaimana kita seharusnya bersikap? Sebelum lebih jauh kita berfikir tentang ini, seyogiannya kita menempatkan diri dulu secara proporsional. Dimana sikap yang harus diperuntukkan kepada orang lain dan dimana pula sikap yang harus diperuntukkan kepada diri sendiri. Kepada orang lain, kita tidak mempunyai wewenang untuk serta-merta memvonis bahwa mereka yang menjadi korban bencana atau terdampak musibah adalah orang-orang yang sedang kena teguran ataupun azab dari Allah. Karena mengeluarkan vonis semacam ini bisa jadi merupakan keangkuhan dari diri kita sendiri, karena kita tidak mempunyai bukti apa pun yang bisa menunjukkan bahwa bencana tersebut merupakan azab Allah.

 

Kita bisa mengetahui bencana yang telah menimpa kaum Nabi Nuh, misalnya, adalah termasuk sebuah azab itu karena ada dalil yang menerangkannya berupa ayat Al Qur’an. Sedangkan di zaman yang tak ada lagi rasul syar’i seperti sekarang ini, dimana ayat Al Qur’an tidak diturunkan lagi, maka kita dituntut mencari jawaban konkret atas bencana yang sedang terjadi melalui nash yang sudah ada. Sementara di ayat lain dijelaskan bahwa setiap orang beriman pasti akan diuji.

Allah. SWT berfirman:

أَحَسِبَ النَّاسُ أَنْ يُتْرَكُوْا أَنْ يَقُوْلُوْا آَمَنَّا وَهُمْ لَا يُفْتَنُوْنَ

“Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (begitu saja) mengatakan, ‘Kami telah beriman.’ sedang mereka tidak diuji lagi?” (Al-‘Ankabut, 2).

 

Jamaah shalat Jumat rahimakumullah,

Dari keterangan dua ayat di atas maka musibah yg menimpa seseorang atau bencana yang menimpa suatu kaum bisa dimungkinkan sebagai teguran atau azab, atau mungkin sebagai ujian atas keimanan sesorang ataupun kaum tertentu. Bahkan Rasulullah SAW memberikan kemungkinan ketiga yaitu bahwa kesedihan apapun yang menimpa orang Islam adalah sebagai penebus dosa-dosa, sebagaimana hadits berikut ini:

 

Rasulullah SAW bersabda:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ:

مَا يُصِيبُ الْمُسْلِمَ مِنْ نَصَبٍ وَلَا وَصَبٍ وَلَا هَمٍّ وَلَا حُزْنٍ وَلَا أَذًى وَلَا غَمٍّ حَتَّى الشَّوْكَةِ يُشَاكُهَا إِلَّا كَفَّرَ اللَّهُ بِهَا مِنْ خَطَايَاه

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ’anhu dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Tidaklah seorang muslim itu ditimpa musibah baik berupa rasa lelah, rasa sakit, rasa khawatir, rasa sedih, gangguan atau rasa gelisah, sampai duri yang melukainya melainkan dengan itu Allah akan mengampuni dosa-dosanya” (HR. Al-Bukhari, no. 5641 dan HR. Muslim, no. 2573).

 

Jamaah shalat Jumat rahimakumullah,

Lebih jauh, Rasulullah SAW memberikan gambaran bahwa seseorang atau suatu kaum yang tidak sama sekali ditimpai musibah atau bencana sedikitpun, padahal perbuatan mereka jelas-jelas menyimpang dari ketentuan ajaran syariat yang telah ditetapkan, itu ternyata merupakan bencana tak kasat mata yang bobotnya lebih berbahaya daripada bencana yang nyata. Bencana semacam ini dikenal dgn istidraj, suatu bencana yg harus diwaspadai. Kemungkinan keempat ini bisa terjadi kepada siapa saja yg tak jelas-jelas ditimpai musibah atau bencana apapun padahal Allah sedang murka kepada mereka.

Dalam hal ini, Rasulullah SAW bersabda:

عَنْ عُقْبَةَ بْنِ عَامِرٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: “إِذَا رَأَيْتَ اللَّهَ تَعَالى يُعْطِي الْعَبْدَ مِنَ الدُّنْيَا مَا يُحِبُّ وَهُوَ مُقِيمٌ عَلَى مَعَاصِيهِ فَإِنَّمَا ذَلِكَ مِنْهُ اسْتِدْرَاجٌ”، ثُمَّ تَلَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: [فَلَمَّا نَسُوا مَا ذُكِّرُوا بِهِ فَتَحْنَا عَلَيْهِمْ أَبْوَابَ كُلِّ شَيْءٍ حَتَّى إِذَا فَرِحُوا بِمَا أُوتُوا أَخَذْنَاهُمْ بَغْتَةً فَإِذَا هُمْ مُبْلِسُونَ] . (رواه أحمد)

Dari ‘Uqbah bin ‘Amir ra, Rasulullah saw bersabda: “Bila kamu melihat Allah memberi pada hamba (perkara) dunia yang diinginkannya, padahal dia terus berada dalam kemaksiatan kepada-Nya, maka (ketahuilah) bahwa hal itu adalah istidraj (jebakan berupa nikmat yang disegerakan) dari Allah.” Kemudian Rasulullah saw membaca ayat yang berbunyi, “Maka tatkala mereka melupakan peringatan yang telah diberikan kepada mereka, Kami pun membukakan semua pintu-pintu kesenangan untuk mereka; sehingga apabila mereka bergembira dengan apa yang telah diberikan kepada mereka, Kami siksa mereka dengan sekonyong-konyong, maka ketika itu mereka terdiam berputus asa (Qs Al-An’am: 44).” (HR. Ahmad)

 

Jamaah shalat Jumat rahimakumullah,

Dengan demikian maka sulit dipastikan apakah suatu musibah atau bencana benar-benar azab atau bukan. Jangan-jangan sejumlah korban meninggal dunia akibat musibah atau bencana alam itu wafat dalam kondisi lebih baik dan lebih terhormat dibandingkan diri kita karena dosa-dosa mereka sudah diampuni, atau kemungkinan lainnya. Dalam konteks seperti ini, yang paling tepat adalah mengembalikan status bencana kepada Allah , menganggap musibah yang terjadi pada orang lain sebagai pelajaran dalam muhasabah, mengedepankan koreksi diri daripada mengoreksi orang lain, cermat menilai sesuatu berdasarkan pertimbangan pemikiran yg sesuai nash alqur’ani atau hadits nabawi, dan senantiasa berupaya mengambil hikmah dari setiap kejadian demi mencapai kualitas keimanan dan ketaatan yang lebih baik, dalam rangka mencapai kategori al muttaqin di sisi Allah SWT.


Alhasil, semoga kita bisa menyikapi setiap musibah dan bencana yg terjadi secara proporsional dan penuh kearifan serta bisa menjadikannya jalan peningkatan derajat keimanan kita, khususnya rukun iman yg ke enam.  Aaamiiin.

أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ

   الَّذِينَ إِذَا أَصَابَتْهُمْ مُصِيبَةٌ قَالُوا إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ

Artinya: “(Yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: ‘Innâ lillâhi wa innâ ilaihi râji'ûn’ (sesungguhnya kita semua milik Allah dan kepada Allah pula kita semua kembali).” (Al-Baqarah, 156).

   بَارَكَ الله لِي وَلَكُمْ فِى اْلقُرْآنِ اْلعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِي وَإِيَّاكُمْ بِمَافِيْهِ مِنْ الْأٰيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ وَتَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ، وَأَقُوْلُ قَوْلِي هَذَا فَأسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ إِنَّهُ هُوَ الغَفُوْرُ الرَّحِيْم

 

Share: