Berbagi: khutbah, dalil, hukum, amalan, sosial, agama

yuqm.blogspot.com

Sunday, July 12, 2020

Amalan dan Doa yang Dianjurkan Setelah Shalat Jumat

Kategori: Amalan Keagamaan
Judul: Amalan dan Doa Setelah Shalat Jum'at
Tags yuqm: #amalan, keaagamaan, doa, shalat jumat
Amalan dan Doa yang Dianjurkan Setelah Shalat Jumat

Hari Jumat atau dijuluki dngn Sayyidul Ayyam adalah merupakan tuannya hari. Sesuai julukannya, hari Jum'at memiliki banyak keistimewaan dan terdapat banyak kesunnahan yg dianjurkan utk diamalkan di hari Jum'at.

Diantara amalan yg dianjurkan, khususnya setelah shalat Jum’at adalah berdzikir dan berdoa. Amalan2 ini sangat penting utk diamalkan karena adanya banyak faidah yg tersembunyi di dalamnya. Hal ini telah dijelaskan di dalam kitab I’anatut Thalibin juz 2 dan kitab Bughyatul Mustarsyidin, kitab yg sering dijadikan rujukan oleh golongan Ahlus Sunnah Waljamaah, disamping kitab lainnya.

Lantas, dzikir atau doa apa saja yg mempunyai faedah tersembunyi sebagaimana disiratkan di atas? Baiklah, mari kita simak satu persatu.

Amalan Pertama

Diriwayatkan oleh Ibnu Abbas bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: "Barangsiapa setelah Shalat Jum’at membaca 100 kali:
 ﺳُﺒْﺤﺎﻥَ ﺍﻟﻠﻪِ ﺍﻟﻌَﻈﻴﻢِ ﻭَﺑِﺤَﻤْﺪِﻩِ
(Subhaanallaahil ‘azhiim wa bihamdih = Maha suci Allah dan segala puji bagiNya)
maka ia diampuni seratus ribu dosanya, dan kedua orang tuanya diampuni dua puluh empat ribu dosanya.

Amalan Kedua

Dijelaskan oleh Sayyid Abdul Wahhab Assya’rani, bahwa: “Barang siapa istiqomah membaca 2 bait ini pada setiap hari Jum’at, maka Allah akan mengambil nyawanya dalam keadaan Islam dengn tanpa keraguan. 2 bait tersebut adalah:

 ﺇﻟﻬِﻲ ﻟَﺴْﺖُ ﻟِﻠْﻔِﺮْﺩَﻭْﺱِ ﺃﻫْﻼ * ﻭﻻ ﺃﻗْﻮَﻯ ﻋﻠﻰ ﻧﺎﺭِ ﺍﻟﺠَﺤﻴﻢِ

ﻓَﻬَﺐْ ﻟﻲ ﺗﻮﺑﺔً ﻭَﺍﻏْﻔِﺮْ ﺫُﻧﻮﺑِﻲ * ﻓﺈﻧَّﻚ ﻏﺎﻓِﺮُ ﺍﻟﺬﻧْﺐِ ﺍﻟﻌﻈﻴﻢِ

(Tuhanku, aku tak pantas menjadi ahli surga Firdaus, Tapi aku tak kan sanggup menghuni neraka Jahim)

(Maka terimalah taubatku dan ampunilah dosa2ku, Karena Engkaulah Sang Maha Pengampun dosa2 besar)

Sebagian Ulama berpendapat bahwa dua bait diatas dibaca lima kali setiap setelah Shalat Jum’at.

Amalan Ketiga

Di dalam kitab Bughyatul Mustarsyidin dijelaskan serangkaian dzikir dan faedahnya, sebagai berikut:

ﻓﺎﺋﺪﺓ : ﻭﺭﺩ ﺃﻥ ﻣﻦ ﻗﺮﺃ ﺍﻟﻔﺎﺗﺤﺔ ﻭﺍﻹﺧﻼﺹ ﻭﺍﻟﻤﻌﻮﺫﺗﻴﻦ ﺳﺒﻌﺎً ﺳﺒﻌﺎً ﻋﻘﺐ ﺳﻼﻣﻪ ﻣﻦ ﺍﻟﺠﻤﻌﺔ ﻗﺒﻞ ﺃﻥ ﻳﺜﻨﻲ ﺭﺟﻠﻴﻪ ﻏﻔﺮ ﻟﻪ ﻣﺎ ﺗﻘﺪﻡ ﻣﻦ ﺫﻧﺒﻪ ﻭﻣﺎ ﺗﺄﺧﺮ ، ﻭﺃﻋﻄﻲ ﻣﻦ ﺍﻷﺟﺮ ﺑﻌﺪﺩ ﻣﻦ ﺁﻣﻦ ﺑﺎﻟﻠﻪ ﻭﺭﺳﻮﻟﻪ ، ﻭﺑﻮﻋﺪ ﻣﻦ ﺍﻟﺴﻮﺀ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﺠﻤﻌﺔ ﺍﻷﺧﺮﻯ ، ﻭﻓﻲ ﺭﻭﺍﻳﺔ ﺯﻳﺎﺩﺓ ، ﻭﻗﺒﻞ ﺃﻥ ﻳﺘﻜﻠﻢ ، ﺣﻔﻆ ﻟﻪ ﺩﻳﻨﻪ ﻭﺩﻧﻴﺎﻩ ﻭﺃﻫﻠﻪ ﻭﻭﻟﺪﻩ ﻭﻳﻘﻮﻝ ﺑﻌﺪﻫﺎ ﺃﺭﺑﻊ ﻣﺮﺍﺕ : ﺍﻟﻠﻬﻢ ﻳﺎ ﻏﻨﻲ ﻳﺎ ﺣﻤﻴﺪ ، ﻳﺎ ﻣﺒﺪﻯﺀ ﻳﺎ ﻣﻌﻴﺪ ، ﻳﺎ ﺭﺣﻴﻢ ﻳﺎ ﻭﺩﻭﺩ ، ﺃﻏﻨﻨﻲ ﺑﺤﻼﻟﻚ ﻋﻦ ﺣﺮﺍﻣﻚ ، ﻭﺑﻄﺎﻋﺘﻚ ﻋﻦ ﻣﻌﺼﻴﺘﻚ ، ﻭﺑﻔﻀﻠﻚ ﻋﻤﻦ ﺳﻮﺍﻙ ، ﺍﻫـ

“Faidah: Barangsiapa membaca surat Al-Fatihah, Al-Ikhlas dan surat Al-Mu’awwidzatain (Al-Falaq dan An-Naas) masing-masing 7 kali setelah ia salam dari shalat Jum’at, sebelum ia melipat kedua kakinya (maksudnya: kakinya masih dalam posisi Tasyahud Akhir) maka diampuni dosa2 yg telah ia lakukan, diberikan pahalanya orang beriman pada Allah dan Rasul-Nya, dan dijanjikan baginya utk diajauhkan dari kejelekan hingga hari Jum’at berikutnya.”

Dalam sebuah riwayat ditambah keterangan: "dan sebelum ia berbicara", maka dijaga baginya agamanya, dunianya, keluarganya dan anaknya.

Keempat

Masih di dalam kitab yg sama, yakni kitab Bughyatul Mustarsyidin dijelaskan: "setelah itu ia membaca Doa berikut sebanyak 4 kali, yakni:

 ﺍﻟﻠّﻬﻢ ﻳﺎ ﻏَﻨِﻲُّ ﻳﺎ ﺣَﻤِﻴْﺪُ ، ﻳﺎ ﻣُﺒْﺪِﻯﺀُ ﻳﺎ ﻣُﻌِﻴْﺪُ ، ﻳﺎ ﺭَﺣِﻴْﻢُ ﻳﺎ ﻭَﺩُﻭْﺩُ ، ﺃﻏْﻨِﻨِﻲ ﺑِﺤﻼﻟِﻚ ﻋَﻦْ ﺣﺮﺍﻣِﻚ ، ﻭﺑﻄﺎﻋﺘِﻚ ﻋﻦْ ﻣَﻌْﺼِﻴَﺘِﻚ ، ﻭﺑِﻔَﻀْﻠِﻚ ﻋَﻤَّﻦْ ﺳِﻮاك

(Allahumma ya ghaniyyu ya hamiid yaa mubdiu ya mu’iid ya rahiimu ya waduud aghninii bi halalika 'an haramika wa bithaa’atika 'an ma’shiyatika wa bifadhlika 'amman siwaaka. = Ya Allah, Yang Maha Kaya, Yang Maha Terpuji, Yang Maha Memulai, Yang Maha Mengembalikan, Ya Maha Penyayang, Yang Maha Kasih, cukupilah aku dengan harta yg halal, jauhkan dari yg haram; dan dekatkanlah aku pada ketaatan, hindarkanlah dari kemaksiatan; dan berilah aku anugerahMu, bukan dari selainMu.)

Kelima

Diriwayatkan dari Irak ibni Malik ‘’bahwasanya setiap selesai shalat Jumat lalu berdiri pada pintu masjid dan berdo’a:

 ﺍﻟﻠﻬﻢ ﺃﺟﺒﺖُ ﺩﻋﻮﺗﻚ، ﻭﺻﻠﻴﺖُ ﻓﺮﻳﻀﺘﻚ، ﻭﺍﻧﺘﺸﺮﺕُ ﻛﻤﺎ ﺃﻣﺮﺗﻨﻲ، ﻓﺎﺭﺯﻗﻨﻲ ﻣﻦ ﻓﻀﻠﻚ ﻭﺃﻧﺖ ﺧﻴﺮ ﺍﻟﺮﺍﺯﻗﻴﻦ، ﻭﻗﺪ ﻗﻠﺖ ﻭﻗﻮﻟﻚ ﺍﻟﺤﻖ

(Allahumma ajabtu dakwataka wa shallaitu faridhataka wantasyartu kama amartany, farzuqni min fadlika wa anta khairur raziqin. Wa qad qulta, wa qauluka al-haq. = Ya Allah, aku telah memenuhi panggilanMu, Aku telah tunaikan shalat yg diwajibkan olehMu, Aku telah berpencarian sebagaimana perintahMu, maka anugerahkilah aku rizki dari sisiMu. Engkaulah Sebaik2 Pemberi Rizki,dan Engkaulah Sebenar2 Pencetus Kebenaran.)
Wallahu A’lam Bishshawab.

Demikianlah penjelasan tentang  Amalan dan Doa yang Dianjurkan Setelah Shalat Jumat,. Semoga penjelasan yg ringkas ini bisa menambah ilmu agama bagi kita dan berguna bagi diri pribadi, keluarga dan masyarakat luas. AAAMIIIN
Share:

0 comments:

Post a Comment